Senin, 21 April 2008

Tipe Shalat

Beribadah, pastilah kita sudah sering malakukannya, seperti Shalat, sedekah dll, namun apakah kita mengerti dalam tipe apa kita beribadah? Berikut adalah beberapa tipe orang dalam melakukan ibadah:

  1. Tipe pedagang, yaitu melakukan sesuatu demi memperoleh imbalan yang menyenangkan, maksudnya yaitu orang yang taat kepada Allah karena ingin masuk surga di akhirat.

  2. Tipe Budak, yang takut pada majikannya. Artinya seseorang tersebut taat kepada Allah karena takut masuk neraka.

  3. Tipa “orang arif”, yaitu orang yang beribadah kepada Allah SWT bukan karena mengharapkan Surga atau Neraka melainkan sebagai tanda ‘balas jasa’ karena Allah telah memberikan banyak anugerah kepadanya, dan tidak ingin membuat Allah ‘kecewa’ padanya.

Jelas bahwa tipe 3 sudah pasti benar tetapi tipe 1 dan 2 juga benar dari surat berikut,”Hai orang – orang yang beriman, sukakah kamu (bila) Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari api neraka? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya; niscaya Allah akan mengampuni dosa – dosamu dan memasukkan kamu kedalam surga yang mengalir di bawahnya sungai – sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘And. Itulah keberuntungan yang besar”.(Ash – shaf (61):10-12).

Tetapi ada juga tipe ke-empat, yaitu tipe ‘robot’ yang hanya beribadah tanpa menghayatinya, dalam shalatnya yang teringat hanya bisnis, rencana, kenikmatan duniawi, dan lain – lain.

Jadi tipe apakah kita dalam shalat???

(Dikutip dari buku ‘bahan renungan kalbu’)

Tidak ada komentar:

about..

Your Ad Here

Google search

about,,,,